RAPAT KOORDINASI BEDAH DESA LAHIRNYA DESA KUWU

website : kuwu-grobogan.sideka.id
facebook : Pemdes Kuwu
email : pemdeskuwu@yahoo.com

RAPAT KOORDINASI BEDAH DESA SEJARAH LAHIRNYA DESA KUWU

Sejarah lokal yang identik dengan cerita rakyat (legenda) sampai sekarang masih berkembang terus dan penyebarannya secara turun-temurun oleh masyarakat. Tetapi masih banyak cerita rakyat (legenda) yang belum terdeteksi maupun tersimpan dalam bentuk tulisan maupun kajian. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di daerah biasanya dikenang dan diingat dalam bentuk nama. Nama tersebut biasanya diambil dari nama peristiwa, orang (tokoh), binatang, tumbuhan dan sebagainya.

Oleh karena berbagai alasan di atas Pemerintahan Desa Kuwu ingin menggali, menelaah dan merekap sejarah lokal di Desa Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan. Penggalian data ini diberi judul “Bedah Desa Sejarah Lahirnya Desa Kuwu” Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan.

 

 

Pemerintahan Desa Kuwu menggali “Sejarah Lahirnya Desa Kuwu”, karena ingin mengetahui dan dapat berbagi informasi pada pembaca. Hal ini disebabkan bahwa sampai sat ini belum ada penggalian “Sejarah Lahirnya Desa Kuwu” ataupun menganalisisnya. Banyak masyarakat khususnya Desa Kuwu yang belum memahami dan mengetahui sejarah lokal yang ada di daerahnya sendiri. Ini lebih banyak disebabkan minimnya pengetahuan tentang sejarah lokal di Desa Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan.

Adapun sumber-sumber untuk mengetahui secara lisan banyak yang sudah meninggal, pikun, atau bukan penduduk asli dari daerah tersebut. Selain itu setelah kami melakukan wawancara kepada informan, ada beberapa temuan keunikan dari kebudayaan yang terkandung di dalam ceritera-ceritera tersebut. Hal ini patut untuk digali lebih lanjut agar masyarakat lebih memahami dan menghargai ceritera-ceritera rakyat yang terdapat di Desa Kuwu Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan.

 

Kuwu, 12 April 2018
Pemdes Kuwu

2 Komentar

  1. Semoga Desa Kuwu selalu menjadi Desa yang senantiasa menjunjung kepentingan bersama didalam peradaban majemuk.. & mudahan terwujud sebagai Desa Wisata yang bertakwa, Asri, Ramah, serta transparan & saya ucapkan terima kasih kepada Bapak kepala Desa Beserta Jajaran Dan Semua warga Desa Kuwu tanpa terkecuali dalam rangka mewujudkan kemajuane Desa, terima kasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*