SOSIALISASI BIAS

website : kuwu-grobogan.desa.id
facebook : Pemdes Kuwu
Phone : (0292) 7631585
email : pemdeskuwu@gmail.com

SOSIALISASI DAN KOORDINASI PELAKSANAAN BIAS

INFO_DESAKU – KUWU (29/08) Puskesmas Kradenan I pada hari Kamis/29 Agustus 2019 adakan Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB bertempat di Balai Pertemuan Desa Kuwu. Koordinasi pada tahap awal ini diikuti oleh Guru Kesehatan Sekolah baik negeri maupun swasta se-wilayah Kradenan I, yang juga dihadiri oleh PLD Kuwu Bapak Indri.

Nara sumber dalam acara tersebut oleh Kepala Pusesmas Kradenan I Ibu Surami, Amd.,Gz., SKM, dan petugas lainnya dr. Lincah S., Dyah Ferri SA, SST.Keb., Joko Budi S., S.Keb.Ns., serta Yanuita Devi R., SST., Yunita Ekowati W., AMd. Keb., Soenartija.

 

Pada paparannya, dr. Lincah S., dari Puskesmas Kradenan I ”Imunisasi merupakan pemberian vaksin yang bertujuan agar mendapatkan kekebalan dari penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Tujuan pelaksanaan BIAS diantaranya adalah pengendalian penyakit Difteri, Campak dalam jangka panjang melalui imunisasi DT, TT dan Campak pada anak sekolah”.

Campak adalah penyakit yang berbahaya untuk bayi dan anak karena sering disertai komplikasi bronchopneumonia yang banyak menyebabkan kematian pada bayi dan anak. Cara penularan Campak adalahh kontak langsung atau melalui pernafasan penderita. Pencegahannya dengan pemberian imunisasi Campak pada waktu bayi (9 bulan) dan diulang (booster) kembali pada waktu kelas I SD untuk menambah kekebalan seumur hidup.

Difteri adalah radang tenggorokan berbahaya yang dapat menyebabkan kematian pada anak dalam beberapa hari saja. Cara penularan Difteri bias melalui percikan ludah penderita saat batuk atau bersin, atau dapat juga melalui sapu tangan, alat-alat makanan yang sudah tercemar kuman-kuman penyakit

Tetanus merupakan penyakit kejang otot di seluruh tubuh dengan mulut terkancing. Penuralannya diantaranya dapat melalui tali pusat ketika pertolongan persalinan yang tidak steril, melalui luka pada saat tertusuk paku atau beling. Pencegahannya dengan pemberian imunisasi DPT pada bayi, DT, TT untuk menambah kekebalan seumur hidup.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*