LOMBA CIPTA MENU TINGKAT KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2018

  • Apr 27, 2018
  • kuwu-grobogan

website : kuwu-grobogan.sideka.id facebook : Pemdes Kuwu email : pemdeskuwu@yahoo.com

PEMDES KUWU IKUTI LOMBA CIPTA MENU TINGKAT KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2018

Pemerintah Desa Kuwu memfasilitasi masyarakat Desa Kuwu melalui PKK, Pengelola Desa Wisata dan Pokdarwis untuk mengikuti Lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten Tahun 2018 di Gedung Riptaloka dan Halaman Pendopo Kantor Kabupaten Grobogan. Pelaksanaan lomba pada Hari Kamis tanggal 26 April 2018. Anggota team Desa Kuwu yang tergabung dalam mengikuti lomba tersebut adalah Ibu Sudaryati, Ibu Yuli Retnawati, Ibu Sriyani (unsur PKK), Bapak Gunadi, Ibu Setyaningsih, Ibu Endang Sri Susilowati (unsur Desa Wisata dan Pokdarwis).

Tujuan Pemdes Kuwu mengirimkan team untuk mengikuti lomba tersebut, agar pengalaman yang diperoleh dapat ditularkan kepada warga Desa Kuwu dalam cipta menu dan olahan yang lainnya baik melalui pertemuan-pertemuan PKK, Posyandu, atau kelompok-kelompok lain.  Dengan demikian diharapkan peningkatan pemberdayaan masyarakat di sektor peningkatan ekonomi produktif semakin berkembang di Desa Kuwu.  Hal ini akan menumbuhkan inovasi bagi warga Desa Kuwu untuk berkembang dan berani membuat terobosan baru.

Ilmu dapat diperoleh dari mana pun, namun dengan mengikuti lomba tersebut diharapkan anggota team bisa melihat, dan dapat melakukan interaksi serta tukar pengalaman dengan peserta lain, sekaligus dapat mempromosikan olahan local yang ada di Desa Kuwu. Pelaksanaan Lomba Cipta Menu ini, sumber karbohidrat dari menu yang disusun untuk keluarga dengan menggunakan bahan selain beras dengan mengedepankan hasil produksi atau sumber olahan berasal dari Desa Kuwu.

Team Desa Kuwu menyajikan menu makanan dalam bentuk display. Menu yang disajikan adalah menu beragam, bergizi, seimbang dan aman non beras yang dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari dan bukan hanya pada saat lomba saja. Team dari Desa Kuwu mengusung olahan local yaitu Nasi Pencok, Telur Asin Asap, Sayur Lompong, Nasi Jagung, dll. Walaupun belum berhasil menjadi juara, alhamdulillah semua anggota team tetap semangat dan yang terpenting memperoleh ilmu yang sangat luar biasa.

Pemdes Kuwu berupaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan pemperbaiki kualitas konsumsi pangan masyarakat. Konsumsi yang berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan. Pola konsumsi pangan yang sehat tersebut perlu disosialisasikan kepada masyarakat untuk menumbuhkan dan/atau meningkatkan kesadaran mereka terhadap pangan beragam dan bergizi.

Memanfaatkan bahan pangan lokal yang beraneka ragam di sekitar kita diharapkan dapat menghindari ketergantungan terhadap komoditi beras yang akhir-akhir ini kebutuhannya selalu mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap beras maka perlu dukungan tersedianya pangan beraneka ragam yang sangat bergantung pada kondisi sumber daya alam setempat dan untuk dapat menghasilkan berbagai produk pangan serta meningkatkan citra pangan lokal.

Hal ini juga dimaksudkan untuk melindungi dan mempertahankan identitas makanan tradisional dan pangan olahan non beras di Desa Kuwu.  Mari semua warga Desa Kuwu, kita memulai dan berani menciptakan peluang kerja dengan membuat olahan-olahan makanan selain berbahan baku beras.  Hasil bisa diolah, dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi menarik tetapi tetap menjaga nilai gizi tinggi, kebersihan, kesehatan, dan aman untuk dikonsumsi.  Setiap warga desa mempunyai kesempatan untuk berinovasi, dan lakukanlah.

DOKUMENTASI KEGIATAN LOMBA CIPTA MENU

 [slideshow] Kuwu, 27 April 2018 Pemdes Kuwu