BANK SAMPAH "MUGI BAROKAH"

  • Sep 20, 2018
  • kuwu-grobogan

website : kuwu-grobogan.sideka.id facebook : Pemdes Kuwu email : pemdeskuwu@yahoo.com

SOSIALISASI BANK SAMPAH ”MUGI BAROKAH”

Kuwu, INFO_DESAKU – Sampah yang terbuang atau sengaja dibuang dari hasil aktifitas manusia maupun proses alam, menyebabkan volume dan jenis sampah semakin beragam. Pengelolaan sampah selama ini belum maksimal yang sesuai dengan metode dan teknik ramah lingkungan sehingga menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan masyarakat.  Masih banyak sampah yang tercecer di sembarang tempat, padahal di sekitar lokasi sudah tersedia tempat sampah yang disediakan oleh instansi atau pengelola-pengelola.

Pengelolaan sampah yang ramah lingkungan harus diawali dengan perubahan cara pandang masyarakat dalam memperlakukan sampah. Untuk itu perlu adanya sebuah pengelolaan sampah yang baik dengan tujuan dapat mengubah perilaku masyarakat untuk memanfaatkan sampah secara ekonomi bagi masyarakat itu sendiri serta aman bagi kesehatan lingkungan.  Keberadaan Bank Sampah "Mugi Barokah" adalah solusi untuk menanggulangi agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Salah satu upaya untuk menanggulangi permasalahan sampah di lingkungan masyarakat adalah membentuk Bank Sampah, dengan cara memberikan informasi dan sosialisasi tentang Bank Sampah. Warga Desa Kuwu kini sudah mulai merintis berdirinya Bank Sampah “Mugi Barokah” yang berada di Dusun Tegal Kembangan, Ketua : Yuni Datmawati, Sekretaris : Dwi Riyani, Bendahara : Sri Susilowati, dan Seksi Pencatatan : Hartini. Bank Sampah “Mugi Barokah” area kerjanya memang masih terbatas, dan masih mendatangi warga dalam pengumpulan sampahnya.

Sosialisasi keberadaan Bank Sampah “Mugi Barokah” kepada masyarakat sudah mulai dilakukan, diantaranya pada Hari Selasa/18 September 2018 melakukan sosialisasi kepada siswa-siswi SD Negeri 2 Kuwu. Siswa-siswi diajak oleh guru mereka (Bu Erna) untuk mendatangi langsung ke lokasi Bank Sampah. Pada saat yang bersamaan sosialisasi selain disampaikan pengelola/pengurus Bank Sampah “Mugi Barokah” juga hadir Bapak Edy Waskito, DLH Kecamatan Kradenan untuk memberikan sosialisasi.

Tujuan didirikan Bank Sampah “Mugi Barokah” di Dusun Tegal Kembangan, Desa Kuwu adalah mengajak kepedulian masyarakat dalam mengelola sampah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

[slideshow] Kuwu, 20 September 2018 Pemdes Kuwu