PENGHIJAUAN

  • Dec 03, 2017
  • kuwu-grobogan

website   : kuwu-grobogan.sideka.id facebook : Pemdes Kuwu Minggu, (03/12/2017)  

TATKALA KPMD KUWU MULAI HADIR, MUNCULAH IDE KREATIF SEORANG KANG SUKIJAN UNTUK MENANAM POHON PALEM EKOR TUPAI

Kuwu, INFO_DESAKU – Adalah Kang Sukijan, salah satu warga Dusun Sukorejo Desa Kuwu Kecamatan Kradenan yang mempunyai ide kreatif melakukan penghijauan dengan menanam pohon palem ekor tupai.  Kang Sukijan begitu peduli dengan lingkungan sekitarnya.  Begitu dia melihat ruang kosong bagian depan tanah makam di Sukorejo terlihat kering dan panas, Kang Sukijan tergerak hatinya untuk melakukan penghijauan dengan pohon palem ekor tupai.

Kang Sukijan untuk memperoleh bibit pohon palem tersebut tidak harus mengeluarkan uang untuk membelinya.  Namun bibit diberi (gratis) oleh seorang pelopor dan innovator Kang Edhi yang tak lain adalah Koordinator Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Kuwu.  Disebut pelopor dan innovator karena kata tersebut ada hubungannya. Kalau seorang pelopor selalu innovator, karena di sana berpadu antara kreativitas dan keberanian.  Menjadi warga desa harus berani hadir dengan sebuah peran yang menghasilkan manfaat.  KPMD memiliki peran dalam pertumbuhan Desa Kuwu.  Maka seorang pelopor dan innovator adalah inspirasi bagi tumbuhnya hal baru. Semakin banyak hal baru yang bisa dijadikan penghidupan, akan semakin sehat suatu desa.

Kita kembali pada Kang Sukijan ....

Kang Sukijan termasuk gigih dan luar biasa untuk merawat bibit palem ekor tupai yang ditanamnya tersebut.  Maklum bibit palem tidak ditanam di pekarangan atau halaman rumah sendiri, namun di ruang kosong bagian depan tanah makam di Sukorejo, sehingga lebih banyak resiko bibit mati.  Namun semua itu tidak menjadi hambatan bagi Kang Sukijan.  Jika ada bibit palem ekor tupai yang mati, Kang Sukijan minta lagi pada Kang Edhi hingga berulang.

Akhirnya Kang Sukijan sekarang sedikit agak bernafas lega, karena tanaman palem ekor tupai yang dulunya masih kecil, namun sekarang sudah mulai nampak tumbuh semakin besar.  Mari kita berharap tanaman kecil itu bisa menjadi pohon palem ekor tupai yang rindang.  Kini tanaman palem yang masih kecil sudah mulai terlihat berwarna, menyemarakkan suasana lengang di ruang kosong depan makam Sukorejo.  Cerita ini tidak hanya sekedar tulisan dan image/gambar foto, buktikan datang sendiri ke TKP.

Kreativitas memang bisa muncul kapan saja, oleh siapa pun dengan berbagai inspirasinya yang datang tak terduga. Seperti inspirasi yang muncul kala Kang Sukijan harus mempertahankan ide-idenya.  Sebuah ide bisa muncul oleh siapa pun, bisa dari birokrat, swasta, pedagang, petani, anak muda bahkan bisa muncul dari anak kecil yang masih berpikir sederhana.  Mari kita menghargai ide-ide dari siapa pun, karena sebuah ide mungkin bisa terwujud dalam waktu dekat, tetapi bisa juga terealisasi waktu yang akan datang.  Tapi jangan pernah menyerah mengeluarkan ide-ide yang ada dalam angan kita.  Kita harus punya keyakinan andai ide kita tak terlaksana waktu dekat, mungkin suatu saat akan diterapkan oleh anak cucu kita.  Pemerintah Desa Kuwu beserta BPD, LPMD, KPMD, PKK, Posyandu, SKD, Tomas, atau yang lainnya menunggu ide kreatif membangun Desa Kuwu dari sahabat-sahabatku.  Mari kita coba mulai sekarang, ketengahkan obrolan di warung kopi, di sawah, atau di manapun berada dengan bahasa kalian masing-masing dengan tema Mbangun Desa Kuwu.  Mulai sekarang sahabat-sahabat harus yakin, Pemerintah Desa Kuwu beserta Lembaga Desa kita, tak alergi untuk menerima ide yang membangun.

Sekilas informasi buat sahabat-sahabat Desa Kuwu, bahwa di rumah koordinator KPMD (Kang Edhi Utara Masjid Kuwu) sekarang masih ada jumlah sedikit BIJI  pohon palem.  Andai sahabat-sahabat Desa Kuwu, ingin memanfaatkan BIJI tersebut silahkan datang dan ambil sendiri dengan harga Rp. 0, dan DP. 0 persen.

BIJI pohon palem tersebut, bisa langsung di tanam di TKP (halaman rumah, tepi jalan kampung atau ditanam di manapun sesuai ide kalian.  Cara penanamannya mudah kok, jika ingin ditanam di pinggir jalan kampung langsung saja (tanah dilubangi sak paculan, biji dipendem, diurugi maneh, selesai).

Pada umumnya beberapa alternatif pohon palem ini jika ingin ditanam di sekitar lingkungan Anda adalah :

  1. dipasang di pekarangan rumah, akan terlihat lebih asri cocok banget untuk bermain anak-anak sehingga suasana jadi adem, segar dan natural.
  2. ditanam di pinggir jalan, menciptakan jalan yang hijau dan rindang serta mengurangi bahaya polusi dari asap kendaraan yang berlalu lalang.
  1. ditumbuhkan di pot, untuk sarana hiasan yang minimalis ini jadi pilihan yang tepat, menarik dan indah dilihat.

Demikian sekilas informasi, semoga bermanfaat.

[slideshow]

Internet Support by CV. AnekaComp Kalisari

CP. 081 325 184 440