POSYANDU LANSIA DAN POSBINDU PTM "DEWI KUNTI"

  • Apr 11, 2018
  • kuwu-grobogan

website : kuwu-grobogan.sideka.id facebook : Pemdes Kuwu email : pemdeskuwu@yahoo.com

KEGIATAN POSYANDU LANSIA DAN POSBINDU PTM “DEWI KUNTI” DI DUSUN KEMBANGAN DESA KUWU KEC. KRADENAN

Kuwu, INFO_DESAKU – Posyandu Lansia dan Posbindu PTM “Dewi Kunti” Dusun Kembangan Desa Kuwu Kec. Kradenan Kab. Grobogan, dilaksanakan secara rutin setiap tanggal 9 yang bertempat di rumah Bapak Hadi Prawira/Ibu Sunarti yang berada di lingkungan RT. 07/ RW. 02. Posbindu PTM, saat ini telah menjadi salah satu strategi penting pemerintah (Kemenkes) untuk mengendalikan penyakit tidak menular yang cukup mengkhawatirkan. Sasaran usia Posbindu PTM adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan Penyandang PTM atau orang dewasa yang berumur 15 tahun ke atas.

Posbindu PTM di Dusun Kembangan Desa Kuwu merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor resiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

Di tempat yang sama, selain Posbindu PTM juga keberadaan Posyandu. Sasaran Posyandu “Dewi Kunti” Dusun Kembangan Desa Kuwu adalah mencakup bayi, balita, Ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas, serta wanita usia subur. Posyandu (pos pelayanan terpadu) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya. Posyandu “Dewi Kunti” Dusun Kembangan merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera, dilaksanakan oleh keluarga bersama dengan masyarakat di bawah bimbingan petugas kesehatan dari Puskesmas Kradenan I.

Yang bertindak sebagai membantu pelaksanaan Posyandu dan Posbindu “Dewi Kunti” adalah kader. Kader adalah seorang tenaga sukarela yang direkrut dari, oleh dan untuk masyarakat yang bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan. Keberadaan kader sering dikaitkan dengan pelayanan rutin di Posyandu, sehingga seorang kader Posyandu harus mau bekerja secara sukarela dan ikhlas, mau dan sanggup melaksanakan kegiatan Posyandu, serta mau dan sanggup menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan Posyandu.

 

KEGIATAN POSYANDU LANSIA DAN POSBINDU PTM "DEWI KUNTI"

DI DUSUN KEMBANGAN DESA KUWU

[slideshow] Kuwu, 11 April 2018 Pemdes Kuwu